Thursday, May 2, 2019

Unsur-Unsur Yang Menyebabkan terjadinya Integrasi Sosial

fatih10
Integrasi sosial adalah proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang paling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi fungsinya bagi masyarakat itu. Individu-individu dalam masyarakat yang semula berkotak-kotak, berbeda-beda bahkan bersaing atau bertentangan menjadi rukun, bersatu, dan selaras baik dalam hal kepentingan-kepentingan hidup. Selain itu dalam hal pendangan mengenai berbagai masalah pokok dalam kehidupan sosial, politik dan budaya masyarakat.
Berikut ini adalah unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya integrasi sosial;
  • Adanya unsur yang berbeda dalam kehidupan sosial, misalnya tata susunan masyarakat organisasi sosial dan sistem pemerintahan.
  • Adanya proses penyesuaian dari unsur-unsur yang berbeda dan tiap-tiap unsur saling menyesuaikan.
  • Terciptanya pola kehidupan yang serasi fungsinya dalam masyarakat sebagai akibat adanya proses penyesuaian unsur-unsur yang saling berbeda sehingga timbul adanya rasa kesatupaduan dalam masyarakat.
Penjelasan lebih lanjut, suatu integrasi sosial dikatakan berhasil apabila memenuhi syarat-syarat ini;
  • Seluruh anggota masyarakat merasakan bahwa mereka saling mengisi kebutuhan dan saling merintangi atau merugikan.
  • Terdapat konsensus antar kelompok mengenai norma-norma sosial yang memberi arah pada tujuan yang dicita-citakan dan menjadi kajian bagi cara dan upaya untuk mewujudkannya.
  • Bertahannya norma-norma itu secara relatif lama dan setiap kali berubah.
Demikianlah ulasan mengenai “Unsur-Unsur Yang Menyebabkan terjadinya Integrasi Sosial”, yang pada kesempatan ini kami bahas secara singkat. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi yang membaca...

*Rajinlah belajar, demi Bangsa dan Negara!!!
*Semoga anda sukses!!!
*Serta jagalah kesehatanmu..!!!