Friday, February 21, 2020

Rpl Bimbingan Konseling Kelas 11 Sma Semester 2 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas Negeri 1 .......................
Kelas/Semester
: XI   / 2
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  III  BELAJAR
A   PENTINGNYA BELAJAR
ASPEK PERKEMBANGAN
:
4.  Kematangan intelektual
NILAI KARAKTER
:
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca. Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar
INDIKATOR
:
Mengikuti acara di sekolah yang sanggup menyebarkan emosi atau keterikatan sosialnya terhadap orang lain
BIDANG LAYANAN
:
Belajar
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik sanggup memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif,  pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul B -  Psikologi Remaja, Dinamika
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.   Pendahuluan
1.    Memberi salam, menyidik kehadiran akseptor didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Saat ini berguru itu penting atau tidak ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
10 ’
B.   Kegiatan Inti
1.    Proses
    Eksplorasi  : peserta didik mencicipi aneka macam pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya belajar.
    Elaborasi    : mengemukakan gagasan baru  secara mulut pentingnya belajar.
    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman berguru sehari-hari.
2.    Aspek CTL
    Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal “Goal of Study”
    Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik mencicipi manfaat berguru sebagai kewajiban.
    Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan dongeng “Percaya diri dalam belajar”
    Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan kiprah di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP.
3.    Kecakapan Hidup
    Kooperatif : akseptor didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar.
25’
C.   Penutup
1.    Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan pentingnya belajar.
2.    Refleksi       : tanggung jawab pelajar yaitu belajar.
5 ’

X.PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Pendapat pribadi
Laiseg    : Memahami kiprah utama pelajar yaitu belajar.
Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar.
Laijapan : Belajar sebagai acara utama.

XI.CATATAN KHUSUS

A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan : 

                                                                                                                                                             


B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 

                                                                                                                                                              

Mengetahui,                                                                                .............................., Juli 2017 

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                Guru BK Kelas XI




....................................                                                               ................................................ 
NIP.                                                                                           NIP. –